In Kumpulan berita-berita Ema

Usaha “Basah” Omzet Jutaan Rupiah


Bisnis laundry atau binatu ibarat pakaian yang dijemur di tengah terik matahari. Semakin matahari bersinar, semakin terang pula prospek bisnis cuci-mencuci ini. Omzet usaha ini pada musim penghujan bisa mencapai puluhan juta tiap bulan.


Bisnis laundry di Indonesia adalah  salah satu fenomena bisnis yang luar biasa dan semakin bertumbuh seiring dengan meningkatnya permintaan kebutuhan. Selain peluang pasar dalam bisnis ini yang masih sangat terbuka lebar, usaha yang mudah dijalankan, usaha laundry juga sangat menguntungkan. Omzet yang didapat dari usaha ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Pada mulanya, jasa laundry hanya bisa dinikmati kalangan menengah ke atas. Akan tetapi, saat ini berkembang bisnis laundry yang juga menyentuh kalangan menengah ke bawah. Sasaran pasar mereka umumnya para karyawan dan anak kos. Walhasil, jasa laundry saat ini jasa ini cukup merakyat seiring dengan munculnya fenomena laundry kiloan.

Laundry Kiloan
Seiring dengan ketatnya persaingan, para pengusaha bisnis laundry dituntut untuk mencari terobosan untuk meraup konsumen dan keuntungan yang signifikan. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir juga menjamur bisnis sejenis yang menggunakan waralaba lokal dan sistem agency yang bisa memberikan layanan dengan harga lebih terjangkau.
Selain itu, muncul pula strategi bisnis baru yang merupakan kombinasi antara harga yang murah dan sekaligus layanan cuci-setrika. Orang biasa menyebutnya laundry kiloan. Yaitu laundry biasa, tapi harga yang dibayarkan berdasarkan hitungan kilogram (bukan per potong pakaian). Nah, bila Anda menginginkan bisnis laundry untuk kelas menengah yang bisa terjangkau seluruh lapisan, mari kita lihat persiapan apa saja yang harus dilakukan.

Pertama, modal untuk investasi yang dibutuhkan untuk lokasi penjualan (outlet tempat menerima pelanggan atau cucian), lokasi mencuci, dan peralatan berupa mesin-mesin yang dibutuhkan, serta instalasi air, listrik, dan buangan air kotor.

Lokasi tempat menerima cucian dan tempat mencuci bisa dilakukan di tempat yang sama atau 
terpisah, mengingat dibutuhkan instalasi air yang memerlukan ruang dan biaya yang juga besar.
Ada pun mesin yang dibutuhkan adalah: cash register (mesin hitung uang), mesin cuci baju kapasitas besar/ industri, mesin pengering baju kapasitas besar, mesin setrika press besar, dan setrika tangan. Ini minimum standar mesin yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry kiloan. Jika jumlah cucian belum terlalu banyak, mesin press (setrika otomatis) bisa digantikan seterika tangan yang harganya jauh lebih murah.

Mesin cash register digunakan di lokasi penerima cucian untuk mencatat dan menerima transaksi keuangan. Mesin cuci digunakan untuk mencuci pakaian yang bisa dicuci dengan mesin biasa, sedangkan pakaian yang tak bisa dicuci dengan mesin cuci biasa harus dicuci secara terpisah.
Kendati Indonesia negara tropis, kita tak bisa mengandalkan matahari untuk mengeringkan cucian. Selain itu, diperlukan ruang jemuran yang amat besar untuk mengeringkan pakaian. Bila musim hujan tiba, akan sulit untuk mengeringkan pakaian. Solusinya, kita membutuhkan mesin pengering cucian.

Mesin setrika (press) otomatis juga diperlukan, tapi untuk mendapatkan press-line atau garis setrika yang jelas dan tegas biasanya tukang cuci lebih menyukai setrika tangan yang berat, karena memberikan hasil yang jauh lebih maksimal.

Sedangkan untuk biaya operasional sehari-hari, komponen yang diperlukan antara lain: (a) biaya sewa tempat deterjen dan pelunak cucian, (b) air, (c) bahan kimia untuk dry-clean, dan (d) SDM (pekerja). Untuk lokasi, bisa di rumah sendiri, terutama lokasi untuk tempat mencuci. Sedangkan kebutuhan air, bisa pakai air tanah, tapi usahakan disaring lebih dulu karena air tanah yang kotor bisa merusak pakaian.

Di beberapa laundry modern, biasanya menggunakan mesin penyaring air sebelum digunakan atau mesin daur ulang air. Beberapa laundry modern yang lebih mewah dan mahal biasa menggunakan air minum mineral untuk mencuci pakaian pelanggan.

Dibutuhkan 1 (satu) orang pekerja di tempat penerima cucian, 2 (dua) orang pekerja di tempat pencucian, 1 (satu) orang untuk mencuci, dan 1 (satu) orang lagi untuk setrika pakaian.
Modal terbesar yang harus dipersiapkan adalah untuk membeli mesin-mesin dan sewa tempat. 

Adapun harga mesin relatif, tergantung jenis mesin yang ingin dibeli. Mesin cuci punya spesifikasi, tergantung dari jumlah kilogram yang ingin dicuci apakah 10 kg, 20 kg, 30 kg, dan seterusnya, begitu juga dengan mesin pengering. Untuk mesin-mesin kelas industri keluaran Jerman memiliki kualitas terbaik, tapi harganya jauh lebih mahal dibandingkan mesin keluaran Jepang.

Untuk memulai usaha jenis rumahan, Anda bisa memakai mesin rumahan, tetapi daya tampung cucinya kurang besar. Sehingga bila permintaan cucian meningkat Anda harus menggunakan beberapa mesin cuci. Sebab, berbisnis laundry mengandalkan kuantitas yang besar, karena keuntungan per potong dari sisi nominal tak terlalu besar.

Maka, pemasaran atau jumlah cucian akan amat menentukan kapan investasi Anda kembali modal serta keuntungan yang ingin diraih. Jika usaha ini ingin dilakukan dengan skala menengah memang dibutuhkan modal yang cukup besar, antara ratusan juta sampai satu miliar rupiah.

Berpartner jadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Namun, mencari partner pun tak mudah. Harus ada kecocokan dan kesamaan visi dan misi dalam menjalankan usaha bersama. Juga harus ada hitung-hitungan tegas dan jelas dalam modal serta sistem bagi hasil. Jika tak dibuatkan dalam bentuk legal (badan hukum), harus ada perjanjian bersama yang mengikat. Banyak sekali seluk beluk soal bisnis ini yang bisa Anda ketahui jika ingin memulainya di level menengah.

Jadi, perhatikan benar-benar target yang Anda bidik. Karena jika Anda salah dalam membidik segmentasi pasar, diferensiasi yang Anda punyai akan sia-sia. Anda bisa lakukan riset pasar dulu untuk membaca perilaku konsumen yang Anda bidik.

Harus Cermat
Bagi mereka yang ingin membuka usaha laundry, sebaiknya memilih lingkungan hunian yang baru dibangun. Ini penting karena membuka di hunian baru otomatis belum ada pesaing. Usahakan menjadi pionir supaya mampu merangkul pelanggan sejak dini, sehingga ada ikatan emosional.

Bila usaha ini sudah berjalan, Anda harus mempertahankan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan tercermin dari kualitas yang memenuhi mutu dasar jasa laundry, yaitu harus bersih, tersetrika rapi, tidak ada kerusakan di pakaian, aroma harum, selesai tepat waktu, dan layanan ramah. Anda juga harus mengikuti sistem yang ada di industri laundry, misalnya jika sistem harga yang laku saat ini adalah kiloan, maka mau tidak mau jasa laundry yang sudah ada juga menerapkan praktik harga yang sama.
Bila ingin menjadi terwaralaba, perhitungkan dengan cermat nilai investasi yang mesti disediakan dan perkiraan balik modalnya. Salah satu keuntungan menjadi terwaralaba adalah mendapat brand yang sudah mapan, tapi Anda akan terikat membayar biaya waralaba dan royalti.

Anda pun harus mematuhi serangkaian aturan, termasuk bila ada kewajiban membeli produk pewangi atau deterjen ke pewaralaba. Sementara itu, bila membuka sendiri, skala usaha bisa disesuaikan dengan kekuatan modal Anda dan tidak terikat. Namun, Anda tetap harus mengenalkan dan menguatkan merek untuk meraih kepercayaan konsumen.

Pada akhirnya, kesuksesan bisnis jasa laundry sangat tergantung dari pelayanan yang berkualitas, serta terobosan-terobosan agar bisnis laundry yang Anda jalankan berjalan dinamis sesuai dengan kebutuhan pasar. Selamat berusaha. [] Bisnis Global, Ema/Diolah dari berbagai sumber

Related Articles

3 komentar:

  1. selamat pagi numpang lewat. kami dari dapoer roti bakar jalan raya pasar minggu no 15 a km 18 . depan halte brimob.mempunyai menu roti bakar yang bisa dicoba . antara lain roti bakar selimut hijau. roti bakar belgia. roti bakar sapi bahagia. pisang bakar samurai susu segar berbagai rasa. buka 24 jam. terima kasih.

    ReplyDelete
  2. I'm really enjoying tthe design and layout of your website.It's a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come heee and visit more often. Did you
    hire out a designer to create your theme? Superb work!

    Feeel free to visit my web page ... china and hong kong information at wikipedia

    ReplyDelete
  3. It is not my first time to visit this website, i am visiting this web page dailly and take fastidious information from here
    all the time.

    Also visit my weblog :: harga pasir silika di jogja

    ReplyDelete