In #EnergiBaik Energi Gas Alam Go Green PGN si-energi.id

6 Alasan Kenapa Para Ibu Muda Harus Menggunakan Gas Alam di Rumahnya (part 2)


3) Hemat pengeluaran bulanan
Berdasarkan berita yang ane kutip nih gan, ternyata pakai gas alam jauh lebih murah per bulan dibanding gas elpiji. Berikut kutipannya dilansir dari republika online 

Sumber Google
Parmin mengisahkan, untuk kebutuhan masak sehari-hari selama sebulan, istrinya hanya perlu membayar rata-rata Rp 28 ribu. Cara pembayarannya pun cukup mudah, mirip sistem bayar listrik, yaitu lewat anjungan tunai mandiri (ATM) untuk melakukan transfer ke bank yang sudah ditunjuk.

Dia membuat catatan, kalau memakai tabung gas LPG ukuran tiga kilogram, pasti tidak sampai sepekan sudah habis. Padahal, harga jual di pasaran sekitar Rp 18 ribu per tabung. Karena itu, pihaknya tidak pernah ambil pusing ketika ada rencana kenaikan harga LPG. 

Ada juga nih penuturan dari warga lain soal lebih hematnya penggunaan gas alam dibanding gas elpiji guys dari sindonews.com: 

Beberapa manfaat yang dirasakan Supriono, memakai gas bumi PGN, antara lain sangat murah. Setiap bulan hanya membayar Rp30.000-Rp40.000. Bandingkan dengan yang memakai gas elpiji yang rata-rata menghabiskan Rp100.000/bulan. Apalagi harga elpiji sekarang sudah naik lagi.

“Istri saya pernah membuka catering. Dalam sebulan dia hanya menghabiskan Rp 100.000/bulan,” ungkap Supriono.

Nah kalau ada yang lebih hemat kenapa pilih yang lebih mahal untuk keluarga? Penggunaan pipa gas alam PGN ini cocok banget kan untuk para ibu Indonesia. Dari penghematan gas tersebut sudah pasti uangnya bisa digunakan untuk belanja lainnya seperti keperluan bayi kan ibu?


    4)  Tidak usah takut meledak

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau beberapa tahun lalu marak dengan gas yang meledak dan sampai memakan korban jiwa. Nah kalau pemakaian gas pipa ini diklaim lebih aman guys, soalnya mungkin karena pemasangan instalasi pipanya juga dengan teliti yak arena kan hubungan satu pipa ke pipa utama untuk saluran gas itu panjang, jadi pastinya PGN juga sudah memperhitungkan kemungkinan tersebut.

Ada juga nih yang ane kutip dari berita online, merdeka.com guys:

"Semenjak kita beroperasi dan menyalurkan belum ada laporan kecelakaan rumah tangga," ucap Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso.

Perkataan Hendi juga dibenarkan ibu-ibu yang berada di Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Menurut ibu-ibu tersebut, selama mereka menggunakan gas alam belum ada bencana ledakan atau semacamnya. Bukan hanya itu, gas alam dari PGN diklaim juga tidak pernah bermasalah atau mati.

Keamanan daripada pengunaan gas alam PGN ini juga kayaknya emang nggak usah diragukan lagi deh. Seperti yang diungkapkan Supriono berikut ini yang dilansir dari sindonews.com
Seperti yang dirasakan Supriono, 57, warga Blok 73 No 1 Lantai 1 RT 01/01 Kelurahan Malaka Sari. Dia telah menggunakan gas bumi PGN sejak pertama kali tinggal di rumah susun, tepatnya pada Juli 1984.

Pemasangan pipa gas dilakukan tim khusus, beberapa bulan sekali pihak PGN juga selalu mengontrol, serta untuk yang tinggal di lantai atas tidak perlu membawa tabung ke warung jika gas habis.

“Sejak awal, memakai gas bumi PGN praktis. Kita tidak lagi khawatir karena dengan tabung elpiji yang tiap kali habis kita harus pasang sendiri, copot-pasang, kalau salah bisa meledak," imbuh Supriono.

Nah kalau udah ketahuan keamanannya gini, kan jadi nggak khawatir juga sama keselamatan keluarga di rumah ya gan. Cocok banget nih!

    5)      Ramah lingkungan

Seperti dilansir https://manfaatgasalam.wordpress.com/ ,  bahwa “Energi yang dihasilkan gas alam lebih efisien. Tidak seperti halnya dengan minyak bumi dan batu bara, penggunaannya jauh lebih bersih dan sangat ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan polusi terhadap lingkungan. Disamping itu, gas alam juga mempunyai beberapa keunggulan lain, seperti tidak berwarna, tidak berbau, tidak korosif dan tidak beracun.”
Ada juga nih info yang dishare Izzuddin Azzam  yang bilag kalau “Gas alam merupakan sumber energi yang relatif lebih ramah untuk lingkungan. Hal ini disebabkan karena gas alam hanya memiliki satu karbon, sehingga karbon dioksida yang dikeluarkan akan lebih sedikit dibandingkan produk bahan bakar minyak bumi. Selain itu gas alam juga memiliki karakteristik bebas dari merkuri yang berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup.”
Nah berdasarkan penjelas di atas, hal itu terjadi juga kalau kita menggunakan gas alam yang disalurkan PGN karena dengan begitu sebanarnya kita ikut membantu melestarikan lingkungan guys. Saat ini bumi semakin tua, jadi yuk mari pintar memilih bahan bakar untuk memasak dan lainnya.
Semoga alasan-alasan kenapa ibu muda dan para ibu-ibu Indonesia lainnya untuk memilih gas alam di rumahnya bisa bermanfaat ya guys!

Ciputat, 8.11.15
7:51 PM
(Tulisan ini disumbangkan untuk situs www.si-energi.id)

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment