In #EnergiBaik Anak Kosan Go Green Hemat Energi si-energi.id

7 Cara Hemat Energi ala Anak Kosan

Hemat energi*
Anak kosan adalah mereka yang tinggal jauh dari orangtuanya. Biasanya karena alasan sekolah, kuliah, ataupun bekerja jauh dari kampung halaman. Keadaan tersebut lazimnya memaksa mereka harus cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, termasuk soal penggunaan energi di kosan. Apalagi bagi kosan yang menggunakan pulsa token. 

Semenjak kemunculannya, pulsa token menjadi populer, terutama untuk para pemilik kosan yang nggak mau ribet ngurusin listrik kosannnya karena pasang instalasinya mudah dan murah, nggak seribet pasang listrik pascabayar kayak di rumah-rumah dulu, termasuk rumah ane sih. Nah, kalau kosan kalian menggunakan listrik token di mana kalianlah yang harus mengisi sendiri, bukannya pemilik kosan, maka yang harus diperhatikan adalah pulsa yang harus kamu isi dengan berapa kwh yang kalian dapat. Range harganya dari Rp 20.000-Rp. 1.000.000. Nah tingga pilih aja. Detail kwh dan harga bisa cek di sini ya.

Berikut tips bagaimana cara menghemat energi ala anak kosan nih:

1. Diskusikan dengan teman sekamarmu soal kapasitas pulsa token
Buat kalian ngekosnya berdua atau lebih, diskusikanlah bersama mereka untuk membeli atau mengisi pulsa token yang berapa dan harus berapa lama awetnya, misalnya harga segini untuk keperluan seminggu, dua minggu, atau sebulan. Nah dengan begitu kalian bisa ringan dalam patungan biayanya dan penggunaannya.

2. Bijaklah menggunakan alat elektronik di kosan
Jika kamu dan teman sekamar memiliki banyak gadget, bijaklah menggunakannya. Jangan lupa mencopot colokan charger laptop, tab, atau handphonemu jika sudah terisi penuh. Kebiasaan jelek mahasiswa itu lupa lepas charge laptop karena terburu-buru udah telat masuk kelas gara-gara semalamnya nonton drama Korea sampai pagi.

3. Charge gadgetmu di kampus atau tempat publik
Tips ketiga ini bisa menghemat energi listrikmu lho. Kalau kamu lama di kampus atau lagi nongkrong di Sevel, McD, atau tempat serupa, janganlah lupa sempatkan isi batrei laptop dan smartphonemu di sana jadi pas sampai kosan nggak menggunakan banyak energi listrik lagi. 

4. Gantilah lampu kamarmu dengan lampu neon atau LED
Lampu neon atau LED? Keduanya memiliki manfaat dan harga yang berbeda. Tapi mereka lebih baik dibanding lampu pijar atau bohlam yang warnanya kuning itu. Warna cahaya yang dihasilkan dari kedua jenis lampu itu putih yang jelas jauh lebih sehat. Walaupun harga mereka lebih mahal dibanding lampu neon, tapi waktu pemakainnya juga lama. Jadi selain bisa hemat energi, kamu juga bisa hemat uang kan? Cihuy!

5. Jangan mantengin hape dan latop untuk hal nggak penting
 Dua benda tersebut memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Setiap harinya kamu pasti cek hape, apakah ada chat di whatsapp, bbm, line masuk, ataukah ngeplay ratusan lagu di laptop yang sebenarnya nggak pengen kamu dengerin, hanya karena kebiasaan aja pas lagi ngetik tugas kuliah, kalian nyalain mp3. Alhasil semua gadget kalian itu menyala dan cuma boros-borosin batrei. So, gunakanlah dengan bijak kedua alat itu karena selain untuk menghemat pulsa listrik kalian, itu juga ngasih waktu istirahat gadgetmu biar nggak ngelag terus.

6. Matikan TVmu sekarang juga!
Pernah nggak sih kalian nyadar kalau sebenarnya saat ini bukan kita yang nonton TV tapi TV nonton kita? Karena faktanya kebiasaan menyalakan TV ketika bangun tidur atau kegiatan lainnya itu sesuatu yang nggak baik dan harus segera dihentikan supaya nggak buang-buang energi listrikmu begitu saja.

7. Carilah kosan yang punya jendela langsung kena paparan matahari
Kalau kalian baru akan kos, coba cari kosan yang memiliki jendela yang sehat di mana matahari bisa masuk kamar kalian. Kamu bisa menghemat energi listrik karena penerangan langsung dari paparan sinar matahari. Selain itu, kamar yang disinari matahari bisa mengilangkan bau apek lho, sehat juga untuk badan di pagi hari. 

Oke segitu dulu tips cara menghemat energi ala anak kosan. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Salam #gogreen!

Tulisan ini didedikasikan untuk situs si-nergi.id


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment