In #EnergiBaik Anak Kosan Energi Gas Alam Go Green PGN si-energi.id

Melakukan Lima Hal ini, Bisa Jadi Kamu Pahlawan Energi, Lho! (Bagian 1)

Hemat Energi
Sumber Foto Google
Tepat di hari ini, Indonesia memperingati hari pahlawan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia offline, pahlawan didefinisikan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. 

Jika dulu kita mengenal Pangeran Diponegoro, Jendral Soedirman, Presiden Soekarno, dan deretan pahlawan kemerdekaan yang mampu mengusir para penjajah, kini seperti apakah bentuk nyata dari pahlawan di era modern? Salah satunya mereka yang fokus untuk tetap menjaga lingkungan dengan memanfaat dan menggunakan energi sebijak mungkin, seperti berikut ini:

1.       Bijaklah menggunakan energi listrik
Bayangkan jika suatu hari kamu sedang menikmati hari dengan kondisi ruangan ber-AC sambil main game CoC, di sudut lain kamarmu TV menyala begitu saja tanpa ada yang menonton? Tiba-tiba saat itu listrik padam dan kamu mengumpat sampah serapah seperti “dasar PLN, Perusahaan Lilin Negara, dan lainnya” hanya karena PLN begitu saja memutuskan aliran listrik dan memaksamu berhenti membangun istana di CoC juga menikmati ademnya AC. 

Tapi tahukah kamu, di daerah Indonesia bagian lain di mana pembangunan belum seperti di Jakarta, dan kota serupa, serta akses jalan pun susah, mereka hanya menikmati penerangan listrik di malam hari, itu pun seringkali dibarengi mati listrik tanpakonfirmasi dari petugas PLN setempat. Alhasil, jangankan bisa main CoC kayak kamu, untuk belajar saja mereka susah, harus gelap-gelapan dan bertemankan lilin sebagai penerang. So, mulai sekarang yuk bijak dalam menggunakan listrik. Mulai dari matikan TV-mu jika sedang ditonton, kurangin pemakaian AC kalau nggak gerah-gerah amat, atau buka saja jendela biar bisa menikmati angin sepoy-sepoy, siapa tau dengan begitu tau-tau istana di CoC-mu sudah jadi J

2.       Jika dompetmu cukup untuk membeli Pertamax, kenapa harus pakai yang subsidi?
Jangan salah pilih ya. Pilih yang corong warna biru.
Sumber foto Google
Mungkinkah kamu pelajar, mahasiswa, atau fresh graduate yang dikasih uang jajan banyak dari orangtua selama ini? Jika iya dan kamu memiliki kendaraan pribadi, isilah tangki motor atau mobilmu dengan bahan bakar yang tak bersubsidi. Kenapa? Karena pasti sudah pada tahu bahwa BBM bersubsidi hanya dinikmati oleh kalangan menengah ke bawah. 
Apalagi biaya yang dikeluarkan Pemerintah untuk mensubsidi BBM tidak sedikit lho, bahkan malah rugi karena masyarakat menengah ke atas ternyata banyak yang menikmatinya. Alih-alih mau meringankan beban rakyat malah orang-orang sepertimu yang jadi beban negara. Nah, mulai dari sekarang, pilih corong yang warna biru ya kalau ke SPBU. Dengan begitu kamu bisa membantu rakyat tak mampu lho, sederhana bukan? 


3.       Biasanya menggunakan transportasi publik bisa menghemat energi migas
Untuk kamu yang punya segudang aktivitas atapun yang hanya berpergian sekali-dua kali dalam sebulan dan tinggal di Jabodetabek, sebaiknya kamu menggunakan kendaraan umum. Dengan begitu kamu ikut menghemat pengeluaran energi minyak atau gas pada kendaraan pribadimu lho, ikut berpartisipasi mengurangi polusi kendaraan, dan pastinya bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di Jabodetabek, utamanya Jakarta yang saban hari macet tanpa ampun.

Saat ini sudah banyak opsi transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju Jakarta dari Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor seperti Commuter Line yang infrastruktur maupun gerbongnya sudah dilengkapi AC dan lebih aman sejak dipimpin oleh Ignatius Jonan (sekarang ia menjabat sebagai Menteri Perhubungan). Selain itu saat ini juga APTB atau Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Trans Jakarta) yang juga tersedia di sekitar kota penyangga Ibukota.  

Memang sih sampai saat ini perbaikan harus terus dilakukan angkutan publik dengan terciptannya rasa nyaman penumpang. Tapi bagaimana pun dengan kamu menggunakan transportasi publik berarti kamu sudah ikut berkontribsi mengurangi polusi kendaraan, menghemat BBM atau BBG, dan juga mengurai kemacetan. 


Tulisan ini disumbangkan untuk situs si-nergi.id


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment