In #EnergiBaik Anak Kosan Energi Gas Alam Go Green Hemat Energi PGN si-energi.id

Melakukan Lima Hal ini, Bisa Jadi Kamu Pahlawan Energi, Lho! (Bagian 2)

Gerakan Hemat Energi
Sumber foto: Google

4.    Bukan hanya listrik, hemat bandwidth pun bisa bikin kamu jadi pahlawan, lho!
Saat ini, kalau nggak ada akses internet atau wifi sehari aja, rasanya hidup hampa dan merasa diri paling tersiksa di dunia. Padahal dengan menghemat pamakaian data internet bisa menolong orang banyak lho. Kenapa bisa begitu? 

Karena bukan hanya menghemat uang yang kamu keluarkan untuk membeli data paket internet, tapi dengan menghemat pemakaian internet itu berarti kamu menghemat bandwidth yang ternyata masih minim didapatkan di daerah-daerah terpencil lho. Sama halnya dengan menghemat listrik, menghemat bandwidth berarti kamu membantu mereka yang tinggal di desa untuk bisa menikmati internet. Yuk, mulai sekarang kurangin cek-cek chatting atau sosmed kalau emang nggak penting banget!

5.      Beralihlah dari gas tabung ke gas alam
Apakah kamu termasuk yang sering ke dapur untuk memasak atau sekadar cuci piring? Perhatikan, apakah di sudut dapur masih menggunakan gas tabung atau justru gas pipa? Kalau ternyata masih ada benda bulet berwarna biru atau kecil berwarna hijau terang, berarti keluargamu masih memasak menggunakan gas tabung. Lebih baik kamu buka pembicaraan dengan orangtuamu untuk segera mengganti gas tabung dengan gas alam yang disalurkan melalui pipa. Kenapa?

Karena ternyata pembuatan dari gas tabung yang selama ini adalah proses panjang dari penyulingan minyak bumi menjadi gas. Kita tahu bahwa potensi minyak bumi Indonesia makin berkurang tiap tahunnya karena minyak bumi adalah jenis sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Impor BBM yang saat ini masih dilakukan Pemerintah juga menjadi bukti bahwa persedian minyak bumi kita semakin menipis. Sementara kondisi negara-negara penghasil minyak di Timur Tengah tengah mengalami konflik peperangan yang berkepanjangan. Hal ini jelas mempengaruhi harga jual minyak dunia yang pastinya memberatkan Indonesia sebagai negara pengimpor BBM.

Lalu bagaimana dengan gas alam atau gas bumi kita? Kementrian ESDM melansir beradasarkan data tahun 2008, negara kita masih memiliki cadangan gas bumi hingga 59 tahun ke depan. Hal itu menunjukkan penggunaan gas alam di rumah tangga sangat vital dianjurkan. Salah satu perusahaan BUMN yang mewadahi pipa gas alam adalah PGN atau Perusahaan Negara sejak tahun 2013. Saat ini perusahaan pelat merah ini sudah menyambung pipa ke rumah-rumah warga di Jakarta, Pulau Jawa, dan beberapa wilayah lainnya.

Semoga dengan diperingatinya hari pahlawan kita saat ini bisa menjadikan kita sebagai manusia yang lebih arif dalam menggunakan sumber daya alam yang ada. Dengan begitu kita bisa meneruskan perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur sesuai dengan jaman kita saat ini. Sebab, setiap orang bisa menjadi pahlawan.

Silakan dishare jika tulisan ini bermanfaat.


Tulisan ini disumbangkan untuk situs si-nergi.id 

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment