In #EnergiBaik Arduino Hemat Energi Kreatif Anak Bangsa Nyalakan lampu dengan SMS

Hemat Energi, Nyalakan Lampu Cukup dengan SMS Saja, Lho!

Sekelompok siswa SMU Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo dalam eksperimen menyalakan lampu dengan SMS. (Sumber foto: detik.com)
Keberadaan energi, misalnya listrik, seperti dua mata pisau. Di satu sisi, energi memiliki manfaat yang sangat besar untuk keberlangsungan hidup manusia. Di sisi lain, para pengguna energi juga terkadang boros pemakaian. Di tengah krisis energi yang sedang terjadi di dunia, ada juga kalangan yang bereksperimen untuk menemukan cara menghembat energi dengan baik. Seperti yang dilakukan siswa-siswa di Probolinggo, Jawa Timur.

Seperti yang dikutip Detik, terobosan yang dilakukan sekelompok siswa SMU Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo, ini patut diacungi jempol. Pasalnya, siswa jurusan IPA dan IPS ini mampu merakit komponen untuk menyalakan lampu melalui pesan singkat atau SMS.

Masih kata Detik, hebatnya, inovasi menciptakan saklar kontrol listrik jarak jauh untuk menghemat daya listrik ini dibuat menggunakan komponen bekas, dari alat-alat elektronik tak terpakai.
Hal-hal yang diperlukan adalah Printed Circuit Board atau PCB, yang berfungsi sebagai wadah komponen elektronika. Selain itu terdapat Micro sebagai otak pengendali, Relay sebagai saklar otomatis, Modem untuk mengantarkan SMS, serta Serial yang menjadi penghubung antara Micro dan Modem.

Komponen yang juga dibutuhkan di antaranya Transistor, Kapasitor Kristal, serta tombol switch on/off. Dari seluruh komponen ini, hanya modem berikut nomor selular yang dibeli, selebihnya merupakan komponen alat elektronik bekas, dengan biaya tak lebih dari Rp 500 ribu.
Seluruh komponen kemudian dirakit, dimana sinyal yang dikirimkan melalui pesan singkat dari ponsel itu ditransformasi menjadi energi listrik, melalui Modem, Serial dan Micro sebagai otak kontrol.

"Dengan mengirim SMS on9 ke nomor operator di Modem, lampu listrik sudah bisa dihidupkan. Sebaliknya SMS of9 berfungsi mematikan daya listrik. Adapun tarif SMS, menyesuaikan ketentuan operator seluler," kata Muhammad Nur Ilham Mubarok, pembuat alat ini saat ditemui detikINET di sekolahnya, Kamis (3/12/2015).

Sebenarnya teknologi sederhana ini sudah banyak digunakan dan banyak tutorialnya di mesin pencari google, seperti Arduino. Arduino adalah sebuah platform open source (sumber terbuka) yang digunakan untuk membuat proyek-proyek elektronika. Arduino terdiri dari dua bagian utama yaitu sebuah papan sirkuit fisik (sering disebut juga dengan mikrokontroler) dan sebuah perangkat lunak atau IDE (Integrated Development Environment) yang berjalan pada komputer.

Meski begitu, hasil kreativitas siswa-siswa Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo ini patut diapresiasi dan tentu bisa jalan atau solusi menanggulangi penggunaan boros energi seperti ketika ruangan kantor, kelas, rumah, atau kamar kita sendiri yang sering lupa dimatikan, bisa dikontrol dengan hanya mengirim SMS dari jauh.

Hal ini tentu menjadi salah satu solusi yang kreatif untuk gerakan penghematan energi. Apalagi memasuki Desember ini, rakyat dihadapkan pada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) oleh PLN. Nah, semoga ke depannya banyak lagi temuan-temuan yang bisa dilakukan untuk menghemat energi sekaligus merawat bumi!

Salam #EnergiBaik

Tulisan ini didedikasikan untuk situs si-nergi.id

Sumber:

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment