In #EnergiBaik Energi Terbarukan

Tips Menciptakan Penerangan Ketika Listrik Padam

Kemarin malam, 6 Desember 2015, tepatnya beberapa jam menjelang magrib, beberapa wilayah di Jakarta, Depok, dan Tangerang mengalami pemadaman listrik hampir bersamaan. Hal ini dikarenakan induk listrik Gandul mengalami gangguan. Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PT PLN Disjaya Aris Dwianto mengatakan, ”mungkin karena hujan deras, lalu ranting pohon jatuh dan menyebabkan gangguan pada saluran tegangan rendah lokal saja," kata Aris kepada Okezone, Jakarta, Minggu (6/12/2015).

Pemadaman listrik kemarin malam cukup lama. Untuk wilayah Cempaka Putih, Ciputat, misalnya, pemadaman berlangsung lebih dari 4 jam. Untuk mengantisipasi kegelapan, kamu bisa lalukan dua hal ini untuk bisa menciptakan cahaya

1. Penerangan dengan kapas dan minyak goreng

Minyak goreng atau yang dikenal juga dengan sebutan minyak kelapa adalah olahan dari inti buah kelapa (Cocos nucifera).  Minyak kelapa memiliki kandungan lemak di dalamnya. Hal inilah yang membuat ia bisa menjadi alat bakar yang awet ketika lampu padam. Gimana caranya?

Untuk menciptakan api tahan lama, kamu hanya perlu menggunakan kapas yang diolesi minyak goreng seluruh bagian. Setelah itu cari wadah kaleng, misalnya kaleng biskuit yang sudah tidak terpakai. Balikkan kalengnya dan tuangkan minyak kelapa di atas permukaan kaleng, kemudian kapas yang basah oleh minyak kelapa tegakkan di tengah permukaan kaleng. Nyalakan api di sekitar kapas. Api dipastikan akan tahan lama menyala karena sekalipun kapas gosong terbakar, tapi permukaan dasar kapas yang dialiri minyak tidak akan gosong karena lemak pada minyak yang bersifat padat.

Beberapa catatan, jangan terlalu banyak menggunakan kapas karena api yang dihasilkan akan besar. Jika tidak ada minyak kelapa atau minyak goreng, kamu bisa menggunakan margarin atau mentega. Akan tetapi, mentega akan lebih cepat habis karena sifatnya beda dengan minyak kepala.

2. Penerangan dengan buah zarak

Buah zarak atau yag dalam bahasa ilmiah disebut dengan Ricinus communis adalah sejenis tanaman liar yang biasanya tumbuh di lahan kosong, di pantai maupun hutan. Tanaman jarak adalah sejenis tanaman perdu berdaun tunggal menjari berjumlah 7 sampai dengan 9 serta berdiameter 10 sampai dengan 40 cm. Tanaman jarak saat ini telah banyak dibididayakan karena memiliki manfaat yang luar biasa baikdalam bidang kesehatan maupun sebagai penghasil minyak jarak yang bermanfaat sebagai campuran pelumas maupun keperluan lainya.

Caranya, ambil buah zarak yang sudah matang, ambil bijinya. Kemudian, tusuk tengah bijinya dengan tusuk lidi yang runcing. Keruncingan lidi guna menghindari retaknya biji zarak. Tusuk 3-4 biji zarak semenempel mungkin. Jika sudah siap, bakarlah biji zarak tersebut. Simpanlah bakaran biji zarak diwadah kaleng. Api pun bisa awet menerangi malammu yang gelap.

Selamat mencoba! Semoga bisa menerangi malammu seperti bulan menyinari bumi waktu malam.


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment