In #EnergiBaik #energiterbarukan #SemangatTerbarukan

Indonesia, Negara Berlimpah Energi Terbarukan (1)

Gerakan untuk beralih menggunakan energi terbarukan sudah didengungkan sejak lama. Di Indonesia, gerakan ini mulain muncul sekitar tahun 70-an. Pasalnya cadangan minyak bumi dan batubara yang semakin menipis karena sifatnya sebagai energi tak terbarukan.

Di Tanah Air sendiri, potensi energi terbarukan jumlahnya sangat banyak. Material yang mendukung untuk dijadikan energi yang lebih ramah lingkungan dan murah juga tersedia menghampar. Ada delapan energi terbarukan di Indonesia yang dikutip dari Alamendah.org:

      1. Biofuel
Biofuel atau bahan bakar hayati adalah sumber energi terbarukan berupa bahan bakar (baik padat, cair, dan gas) yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Sumber biofuel adalah tanaman yang memiliki kandungan gula tinggi (seperti sorgum dan tebu) dan tanaman yang memiliki kandungan minyak nabati tinggi (seperti jarak, ganggang, dan kelapa sawit).

      2.  Biomassa
Biomassa adalah jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang hidup atau belum lama mati. Sumber biomassa antara lain bahan bakar kayu, limbah dan alkohol. Pembangkit listrik biomassa di Indonesia seperti PLTBM Pulubala di Gorontalo yang memanfaatkan tongkol jagung.

     3. Panas Bumi
Energi panas bumi atau geothermal adalah sumber energi terbarukan berupa energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Energi panas bumi diyakini cukup ekonomis, berlimpah, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. Namun pemanfaatannya masih terkendala pada teknologi eksploitasi yang hanya dapat menjangkau di sekitar lempeng tektonik. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang dimiliki Indonesia antara lain: PLTP Sibayak di Sumatera Utara, PLTP Salak (Jawa Barat), PLTP Dieng (Jawa Tengah), dan PLTP Lahendong (Sulawesi Utara).

      4. Air
Energi air adalah salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling umum. Sumber energi ini didapatkan dengan memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki air. Sat ini, sekitar 20% konsumsi listrik dunia dipenuhi dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Di Indonesia saja terdapat puluhan PLTA, seperti : PLTA Singkarak (Sumatera Barat), PLTA Gajah Mungkur (Jawa Tengah), PLTA Karangkates (Jawa Timur), PLTA Riam Kanan (Kalimantan Selatan), dan PLTA Larona (Sulawesi Selatan). (Selengkapnya baca: Indonesia, Negara Berlimpah Energi Terbarukan (2)

Artikel ini disumbangkan untuk situs Si Nergi

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment