In #EnergiBaik #energiterbarukan #SemangatTerbarukan

Indonesia, Negara Berlimpah Energi Terbarukan (2)

     5. Angin
Energi angin atau bayu adalah sumber energi terbarukan yang dihasilkan oleh angin. Kincir angin digunakan untuk menangkap energi angin dan diubah menjadi energi kinetik atau listrik. Pemanfaat energi angin menjadi listrik di Indonesia telah dilakukan seperti pada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTBayu) Samas di Bantul, Yogyakarta.

      6.  Matahari
Energi matahari atau surya adalah energi terbarukan yang bersumber dari radiasi sinar dan panas yang dipancarkan matahari. Pembankit Listrik Tenaga Surya yang terdapat di Indonesia antara lain : PLTS Karangasem (Bali), PLTS Raijua, PLTS Nule, dan PLTS Solor Barat (NTT).

      7. Gelombang Laut
 Energi gelombang laut atau ombak adalah energi terbarukan yang bersumber dari dari tekanan naik turunnya gelombang air laut. Indonesia sebagai negara maritim yang terletak diantara dua samudera berpotensi tinggi memanfaatkan sumber energi dari gelombang laut. Sayangnya sumber energi alternatif ini masih dalam taraf pengembangan di Indonesia.

      8. Pasang Surut
Energi pasang surut air laut adalah energi terbarukan yang bersumber dari proses pasang surut air laut. Terdapat dua jenis sumber energi pasang surut air laut, pertama adalah  perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut. Yang kedua adalah arus pasang surut terutama pada selat-selat yang kecil. Layaknya energi gelombang laut, Indonesia memiliki potensi yang tinggi dalam pemanfaatan energi pasang surut air laut. Sayangnya, sumber energi ini belum termanfaatkan.

Kedepalan sumber energi terbarukan ini belum semuanya dimanfaatkan secara maksimal oleh rakyat sendiri di lingkungan ataupun dari pemerintah. Hal itu terbukti dari masih bergantungnya masyarakt Indonesia dengan penggunaan BBM yang berasal dari minyak mentah. Meski begitu, kesadaran akan energi terbarukan juga digalakkan pemerintah melalui beberapa kementriannya di antaranya kinerja Ditjen EBTK yang dibawahi oleh Kementrian ESDM yang memang konsen dengan energi terbarukan dan konvervasi energi.

Semoga ada sinergitas yang baik antara masyarakat, pemerintah, dan pihak swasta untuk mengembangkan energi terbarukan di Indonesia yang jumlahnya melimpah ini.

Salam #EnergiBaik #SemangatTerbarukan

Tulisan ini didedikasikan untuk situs Si Nergi

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment