In #EnergiBaik #SemangatTerbarukan Jaringan Pipa Gas PGN Perusahaan Gas Negara

Jaringan Pipa Gas PT PGN Semakin Panjang dari Tahun ke Tahun

Perusahaan Gas Negara atau PGN merupakan salah satu BUMN yang potensial dalam  mendistribusikan gas alam untuk berbagai sektor yang juga sangat potensial di Indonesia, seperti kelas industri dan rumah tangga.

Keseriusan perusahaan yang dinahkodai oleh Hendi Prio Santoso ini terlihat dari beberapa infrastruktur yang dibangun. Salah satu adalah jaringan pipa gas yang terus dibentangkan PGN di berbagai wilayah di Tanah Air.

Tahun ini, PGN memperpanjang pipa gas alamnya sepanjang 490 km. Hal ini tentu menjadi prestasi mengingat dari tahun ke tahun jaringan pipa terus dibangun demi memenuhi kebutuhan gas alam bagi sektor industri dan rumah tangga.

Kepala Divisi Komunikasi Korporat‎ PGN, Irwan Andri Atmanto‎ mengatakan, panjang pipa gas PGN sepanjang tahun terus bertambah. Dari data PGN, di 2001 pipa gas BUMN ini mencapai 3.112 km, dan di akhir 2014 bertambah menjadi 6.161 km, yang terdiri dari pipa gas transmisi dan pipa distribusi.

"Tahun ini PGN menambah 490 km di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan beberapa di Sumatera," kata Irwan kepada detikFinance di sela acara World Gas Conference, di Paris, Prancis, Rabu (3/6/2015), seperti dikutip detik.com.

Masih menurut Irwan, sementara hingga 2019 nanti, PGN akan menambah pipa gas hingga mencapai nyaris 4.000 km. Ini sudah termasuk 490 km di 2015 ini.

Seperti diketahui, dalam setahun terakhir, PGN telah membangun berbagai jaringan pipa. Di antaranya pipa distribusi gas bumi di Lampung 90 km, pipanisasi gas bumi Tanjung Uncang-Panaran di Batam 18 km, pipa Cikande-Bitung 30,5 km, dan proyek clustering CNG di Tambak Aji, Semarang.

Di tahun ini, PGN lewat anak usahanya membangun jaringan pipa Kalimantan-Jawa I atau Kalija I sepanjangn 207 km, yang ditargetkan rampung tahun ini. Penambahan sejumlah infrastruktur pipa gas, membuat volume penyaluran gas PGN naik ke pelanggannya.

Yang teranyar adalah wilayah Jawa Timur yang mulai dialiri pipa gas alam. Pembangunan pipa baru sepanjang 72 km tersebut akan menambah panjang jaringan pipa PGN yang sudah aktif  di wilayah Jawa Timur menjadi 901 km dari sebelumnya 829 km.

“Sedangkan untuk seluruh wilayah Indonesia, PGN telah membangun jaringan pipa gas bumi lebih dari 6.100 km. Ini adalah 70 persen dari pipa hilir gas bumi di Indonesia,” kata Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup kepada liputan6.com.

Memasuki tahun baru 2016 yang bershiokan monyet api, di mana api menjadi unsur yang dominan dalam menggelorakan semangat, kita lihat apa yang akan dilakukan PGN di tahun ini. Apakah akan membangun lebih banyak lagi infrastruktur gas alamnya? Semoga saja, dengan hati yang berapi-api.

Salam #EnergiBaik

Tulisan ini didekasikan untuk situs Si-Nergi
Sumber:

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment