In #EnergiBaik #energiterbarukan #SemangatTerbarukan Pulau Sumba

Sumba akan Jadi Pulau 100% Energi Terbarukan

Sumba merupakan salah salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Wilayah dengan hamparan gunung aktif, sungai, danau, dan laut ini tengah diproyeksikan menjadi pulau dengan pengembangan dan pemanfataan 100% energi terbarukan.

Dengan kekayaan sumber daya alam dan unsur geografisnya, Sumba sepatutnya memang maju dalam pengembangan energi terbarukan. Tapi, upaya ini barulah bisa dirasakan oleh penduduk sana beberapa tahun belakangan.

Dilansir dari BBC Indonesia, sampai beberapa waktu lalu, sebagian besar dari 700.000 penduduknya tidak memiliki akses ke sumber listrik, dan kini proyek energi bersih mengubah kehidupan mereka.
Umbu Hinggu, seorang tokoh adat Sumba, mengatakan dia tidak pernah bermimpi air terjun di hutan yang terletak di dekat desanya dapat menghasilkan sumber listrik.

Sampai kemudian, empat tahun lalu, sebuah kelompok lokal membantu mereka untuk membangun sebuah pembangkit listrik tenaga air skala kecil atau mikro hidro yang menyediakan sumber listrik bagi 350 rumah.

“Itu cukup untuk penerangan di seluruh rumah, televisi dan sebuah lemari es. Listriknya stabil selama 24 jam. Ini membuat saya bangga,” jelasnya. Sisa energi yang tidak digunakan dijual ke Perusahaan Listrik Negara PLN, menghasilkan uang lebih dari 7 juta per bulan.

Kini, tak hanya aliran listrik yang bersumber dari energi air di sana yang bisa dirasakan 24 jam oleh warga Sumba, tapi juga ada beberapa pemanfataan, semisal menciptakan sumber listrik dari energi matahari, biogas dari kotoran hewan seperti sapi yang banyak jumlah populasinya.



Tulisan ini disumbangkan untuk situs Si Nergi

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment