In #EnergiBaik #energiterbarukan #SemangatTerbarukan limbah cair sawit PLT Biogas

Wujudkan Energi Terbarukan, Pemerintah Resmikan PLT Biogas Berbasis Limbah Cair Kelapa Sawit

Gaung untuk mewujudkan energiterbarukan terus digalakkan pemerintah. Upaya itu terlihat dari beroperasi PLT Biogas yang menggunakan limbah cair kelapa sawit yang diresmikan oleh Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) pada Sabtu, 23 Januari 2016 kemarin.

Dalam acara yang berlangsung di Ukui, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau itu, Dirjen EBTKE Rida Mulyana mengatakan dengan terealisasinya proyek ini diharapkan dapat mempercepat penyediaan akses masyarakat terhadap energi modern dan meningkatkan rasio elektrifikasi serta menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan sejenis.

"Biomassa adalah jenis energi terbarukan yang paling tepat untuk penyediaan listrik ke depan, dan meningkatkan ketahanan energi nasional sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca," kata Rida.

Limbah cair sawit dikembangkan karena Indonesia memiliki cukup banyak perkebunan sawit, khususnya di pulau Sumatera. Proyek ini pun diklaim memiliki beberapa kelebihan, di antaranya dapat beroperasi 24 jam, dapat diandalkan dan tidak dipengaruhi faktor cuaca, ramah lingkungan.

"Selain itu limbah padat (sludge) dari pabrik kelapa sawit dapat dijadikan pupuk dan terakhir listrik yang dihasilkan dari biogas ini relatif murah dibandingkan dengan teknologi listrik berbasis BBM (genset diesel atau PLTD)," ungkapnya.

Apa yang dilakukan perusahaan Asian Agri dalam memanfaatkan limbah cair sawit ini pun merupakan upaya pemanfaatan limbah cair kelapa sawit menjadi energi adalah bentuk optimalisasi waste to energy yang merupakan salah satu langkah kontribusi Indonesia dalam menurunkan Emisi GKR dunia sebesar 29 persen pada tahun 2030.



Tulisan ini disumbangkan untuk siitus Si Nergi

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment