In #EnergiBaik #energiterbarukan #SemangatTerbarukan Perkumpulan Penggunaan Listrik Surya Atap (PPLSA)

Apa sih Perkumpulan Pengguna Listrik Surya Atap itu?

Suatu perkumpulan lazimnya terbentuk karena di dalamnya terdapat beberapa kesamaan prinsip. Hal ini juga yang dilakukan oleh suatu perkumpulan yang peduli dengan pemanfaatan energi terbarukan. Namanya Perkumpulan Pengguna Listrik Surya Atap (PPLSA).

Sebenarnya seperti apa sih kegiatan atau fokus utama dari PPLSA?

Menurut Nur Pamudji, perkumpulan ini pertama kali dibentuk sekitar Oktober 2015 lalu. Ia dan beberapa orang teman memulai ide tersebut dengan harapan bisa berkontribusi pada pembangunan negara, dalam hal ini penyediaan listrik.

"Waktu itu saya dan beberapa teman ngobrol lalu bentuk grup whatsapp, apa yang bisa kita lakukan nih. Kemudian ada ide untuk pasang panel surya. Ternyata Pak Bambang (Bambang Sumaryo) yang sekarang jadi ketua perkumpulan, sudah pakai panel surya sejak satu tahun terakhir," tutur dia yang dikutip dari detik.com.

Perkumpulan ini memasang Listrik Surya Atap atau listrik tenaga matahari dengan panel yang ditempatkan di atap rumah mereka masing-masing. "Pemakaian listrik surya atap ini menjadi bagian dari dukungan usaha mencapai kemandirian energi listrik," lanjur Nur Pamudji.

Berangkat dari sinilah, perkumpulan ini kian serius menjalankan usahanya yang pada akhirnya mendapat dukungan dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) dan kemudia diresmikan pada 31 Januari 2016 kemarin oleh Menteri ESDM Sudirman Said.

PPLSA menjadi salah satu bentuk nyata warga sipil dalam mendukung gerakan energi terbarukan yang (tengah) massif dilakukan pemerintah. Semoga dengan ini, lebih banyak lagi gerakan masyarakat yang peduli akan energi terbarukan karena banyak keuntungan yang bisa didapat dari pemasangan panel surya pada atap rumah.

Tulisan ini didedikasikan untuk situs Si Nergi



Related Articles

0 komentar:

Post a Comment