In #EnergiBaik #energiterbarukan #SemangatTerbarukan Perkumpulan Penggunaan Listrik Surya Atap (PPLSA)

Listrik Surya Atap, Cara Pemerintah Seriuskan Energi Terbarukan

Upaya pemerintah untuk mengkampanyekan energi terbarukan terus berjalan. Yang teranyar adalah menggiatkan gerakan penggunaan listrik surya atap pada rumah tangga.

Dalam acara Peresmian Penggunaan Listrik Surya Atap, Minggu (31/1/16), Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan bergeser dari energi fosil ke energi terbarukan itu tidak cukup dengan pendekatan birokratis.  

“Tidak cukup dengan suatu program. Kita harus memiliki satu gerakan,” katanya.

Kata menteri yang pernah diberitakan ramai soal pelaporannya tentang rekaman percakapan “Papa Minta Saham” ini mengatakan saat ini kesadaran masyarakat akan energi terbarukan mulai tumbuh, akan tetapi ia menyayangkan sebab di sisi lain Indonesia tengah kebanjiran pasokan minyak mentah.

“Ini suatu paradoks yang harus kita pikirkan bersama. Jika tidak hati-hati, kita bisa terperangkap untuk mundur lagi ke belakang, di mana mendorong energi terbarukan dianggap kurang ekonomis,” ujar Sudirman.

Maka, dengan adanya Perkumpulan Penggunaan Listrik Surya Atap (PPLSA) sebagai komunitas yang peduli pada program energi terbarukan pemerintah dinilai menjadi booster dalam revolusi energi terbarukan Indonesia.

Sudirman pun optimis komunitas seperti PPLSA ini akan lebih banyak lagi dan bersama-sama berjuang untuk menggalakan konversi energi fossil ke energi terbarukan.

“Kita harus tetap konsisten dengan mendorong energi baru dan terbarukan. Mudah-mudahan kita bisa menjaga bersama, bisa melanjutkan apa yang telah kita cita-citakan. Apabila kita berpikir PLN harus punya instrumen untuk melistriki negara ini, maka kegiatan seperti ini akan menjadi faktor yang kita perjuangkan bersama,” tegas Sudirman.


Tulisan ini didedikasikan untuk situs Si Nergi

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment