In #EnergiBaik Kompor Pellet

Mau Masak Hemat Energi? Kompor Pellet PGN Solusinya


Demi mendukung penggunaan energi terbarukan, Perusahaan Gas Negara (PGN) mengembangkan kompor yang hemat energi. Seperti apa bentuk dan pemakaiannya?

Dalam acara Bali Clean Energi Forum (BSCEF) yang dilaksanakan pada 11 Februari kemarin, berbagai produk inovatif dipamerkan. Salah satunya adalah kompor berbahan bakar pellet. Untuk membuat pellet sendiri cukup mudah ternyata karena berasal dari aneka limbah pertanian seperti jerami, bonggol jagung, dan serbuk kayu.

Seperti dikutip detik.com, Maesah Anggni, penjaga stan PGN, menuturkan bahwa kompor pellet ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan kompor minyak tanah. Bahkan dibandingkan kompor gas yang menggunakan LPG 3 kg, kompor ini masih bisa lebih hemat.

"Kalau sama kompor minyak tanah pasti lebih hemat. Kalau sama LPG yang disubsidi bersaing. Kita menghitung di 3 provinsi, rata-rata tiap rumah tangga masak 2 jam per hari. Itu habis Rp 2.000/hari kalau pakai LPG. Kalau pakai ini per hari butuh 1 kg pellet, harganya Rp 1.500," papar Maesah saat ditemui detikFinance diBNDCC, Bali, Kamis (11/2/2016).

Lalu Bagaimana Pengaplikasian Kompor Pellet ini?


Untuk membuat dan menggunakan kompor ini, dibutuhkan beberapa komponen.  Dalam menggunakan kompor ini, pellet harus dimasukan dalam tabung yang berada di tengah kompor. Ada 2 tabung yang berbeda kapasitas di dalam kompor ini, yang satu berkapasitas 3 ons pellet dan 1 lagi 7 ons pellet.

Masih menurut detik.com, Pellet harus dimasukan sesuai dengan keperluan. Untuk masak air misalnya, cukup gunakan tabung yang berkapasitas 3 ons pellet. "Isi 3 ons untuk goreng-goreng, bikin kopi, untuk yang masak kurang dari 1 jam. Kalau isi 7 ons untuk lebih dari 1 jam. Masak air pakai kompor ini cuma 24 menit," tutur Maesah.

Kelemahan kompor ini adalah butuh pemantik untuk menyalakannya. Pellet tidak bisa langsung dibakar dengan sendirinya untuk bahan bakar, harus ada pemantik seperti minyak goreng atau spiritus.
"Masih butuh pemantik. Kita sarankan pakai sedikit spiritus. Satu liter spiritus bisa untuk 6 bulan. Atau minyak goreng," ucapnya.

Tulisan ini disumbangsihkan untuk situs Si Nergi


Related Articles

1 komentar:

  1. dimana bisa pesen kompor seperti ini mbak, kalo ada bisa wa 082217626954. Terima kasih

    ReplyDelete