In #EnergiBaik

Presiden Jokowi Ingin Jaringan Pipa Gas Rumah Tangga dan Listrik Pedesaan Cepat Dikebut

Demi ingin menghapus ketimpangan suatu daerah dan pemaksimalan energi di Indonesia, Presiden Joko Widodo menginginkan proyek pembangunan yang dibawahi Kementrian Energi Sumber Daya Alam tahun ini terealisasi di atas 90 persen.  

Salah satu proyek pembangunan yang harus mendapat perhatian adalah jaringan pipa gas untuk rumah tangga dan pengaliran listrik di pedesaan, termasuk wilayah Indonesia Timur.

"Tahun kemarin realisasinya baru 64 persen, tadi saya sudah bisikin Menteri nya tahun ini harus di atas 90 persen,"kata dia di Gedung Kementerian ESDM, Senin, 29 Februari 2016.

Perintah presiden ini menyusul program di tahun 2019 mendatang, seluruh wilayah di Indonesia bebas dari gelap gulita. Meskipun tidak sampai 100%, paling tidak, rasio elektrifikasi di seluruh wilayah di Indonesia bisa mencapai 97% dari saat ini yang baru mencapai 85-86%.

"Komitmen pemerintah melistriki seluruh rakyat harus dikerjakan. Target 2019 minimal 97%, artinya minimal 2,5% per tahun harus nambah," ujar Dirjen ketenagalistrikan Jarman dalam Konferensi Pers Menteri ESDM Terkait Program Indonesia Terang, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Minggu (28/2/2016).

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga meminta dalam pembangunan proyek di Kementerian ESDM dapat ditekankan pada tiga hal pertama, penyerapan tenaga kerja semaksimal mungkin, kemudian libatkan kontraktor lokal daerah setempat serta mengutamakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

"Libatkan kontraktor lokal sehingga uangnya bisa berputar di daerah dan membangun daerah," katanya.

Pemerintah, tambahnya, telah menegaskan bahwa 2016 sebagai tahun percepatan kerja dengan mendorong seluruh kementerian mempercepat penandatanganan kontrak pembangunan.

"Tidak usah seperti dulu-dulu, kalau tanda tangan pasti Juli, September, Agustus. Nanti kejar-kejarannya baru pada November atau Desember, tetapi tetap harus mengutamakan kualitas hasil proyek" pungkas dia.



Tulisan ini didedikasikan untuk situs Si Nergi

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment