In Thorium

Thorium di Indonesia Melimpah Jumlahnya!


Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Itulah sepenggal lagu Kolam Susu yang diciptakan Koes Plus. Lagu lawas ini sarat sekali makna. Sebab Indonesia memang tanah surga. Banyak kandungan berharga di Tanah Air yang tak dimiliki negara lain. Salah satunya Thorium (Th) yang bisa dimanfaatkan untuk energi terbarukan.

Belum lama ini, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengumumkan bahwa Indonesia memiliki kandungan Thorium yang sangat banyak. Bahkan, mereka mengklaimnya sangat melimpah. Benarkah?

Dilansir dari energitoday.com, Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnusubroto belum lama ini di Jakarta mengatakan Indonesia memiliki sekitar 210.000-280.000 ton Thorium yang masih tersimpan di dalam tanah. Jumlah ini sangatlah banyak dan sebenarnya menguntungkan Indonesia. Kenapa?

Karena Thorium merupakan material untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Selama ini, di Indonesia dan negara-negara lain yang mengembangkan PLTN, masih menggunakan Uranium sebagai bahan dasarnya. Hal ini dinilai banyak kalangan terlalu beresiko jika terjadi kecelakaan akibat alam atau human error seperti yang terjadi di beberapa negara karena ledakan nuklir ataupun Uranium.

Berikut beberapa keistimewaan Thorium:
1. Jumlah kandungan Thorium lebih banyak 3-4 kali jumlah Uranium di muka bumi.
2. Limbah radioaktif yang dihasilkan Thorium dianggap lebih sedikit dibanding Uranium.
3. Dalam pemanfaatan pembangkit listrik tenaga nuklir, kandungan Thorium lebih aman dan bersih      dibanding Uranium.
4. Thorium tidak bisa dijadikan bahan untuk membuat senjata layaknya Uranium.
5. Dan yang pasti, 90% potensi Thorium bisa digunakan untuk menghasilkan listrik


Tulisan ini didedikasikan untuk situs Si Nergi

(Foto dari google)

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment