In #EnergiBaik

Tujuh Tahun Gunakan Gas PGN, Pengusaha Kuliner ini Hemat Pengeluaran Hingga Rp 350 Juta

Banyak manfaat yang sudah dirasakan oleh berbagai kalangan pengguna gas alam PGN atau Perusahaan Gas Negara sebagai energi baik. Salah satunya pengusahan kuliner bernama Taviv Rahmadi yang mengaku hemat pengeluaran hingga Rp 350 juta.

Angka fanstastis itu diakui Taviv ketika ia memutuskan menghentikan penggunaan gas LPG 12 kg dan beralih menggunakan gas pipa dari PGN untuk bisnisnya di warung ayam penyet, Medan.

Taviv berkisah, selama ia menggunakan gas LPG 12 kg, ia menghabiskan sekitar 1,5 tabung. Pemakaian bertambah manakala ia berjualan di akhir pekan. “Bisa habis 2,5 tabung perhari,” katanya seperti disadur dari kompas.com.

"Harganya mencapai Rp 150.000 per tabung. Pemakaian kami per bulan bisa sampai 50 tabung. Kira-kira biaya yang dikeluarkan untuk LPG sebesar Rp 7 juta setiap bulan," kata Taviv, Kamis (18/2/2016).

Namun keuntungan banyak didapatnya setelah beralih menggunakan gas pipa. Pemakaian per bulan sekitar 1.000 meter kubik, dengan biaya yang dibayarkan hanya Rp 2,8 juta per bulan. Sehingga, dalam sebulan Taviv bisa menghemat Rp4,2 juta dari pemakain pipa gas PGN.  Alhasil, biaya energi khususnya gas untuk memasak bisa dihemat sekitar Rp 50,4 juta per tahun, atau sekira Rp 352,8 juta selama tujuh tahun.

Tulisan ini disumbangkan untuk situs Si Nergi


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment