In #EnergiBaik Perusahaan Gas Negara

Kebutuhan Gas Rumah Tangga Tinggi, PGN Tambah 11.000 Jaringan Pipa Gas


Secara nasional, hingga saat ini pelanggan PGN terus bertambah. Untuk rumah tangga lebih dari 107.690 pelanggan. Mengingat tingginya konsumsi gas alam nasional, PT Perusahaan Gas Negara baru-baru ini mengumumkan pihaknya telah menambah 11.000 jaringan gas rumah tangga untuk cakupan nasional.

Daerah mana saja yang dilintasi jaringan pipa gas PGN?

Dikutip dari Tribun News, Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso, mengungkapkan, infrastruktur gas bumi yang dibangun sepanjang tahun merupakan perluasan jaringan gas bumi di DKI Jakarta, Surabaya, Pasuruan, Sidoarjo, Bekasi, Cirebon, Semarang, Medan, Batam dan daerah lainnya.

“Pipa gas tersebut memang sengaja dibangun untuk mendukung penyaluran gas bumi ke rumah tangga. PGN memiliki program Sayang Ibu, program yang bertujuan memperbanyak rumah menggunakan energi baik gas bumi,” kata Hendi Prio Santoso, Senin (14/3/2016).

Ratusan ribu jaringan pipa gas PGN ini akan dirampung hingga 2019 mendatang dengan panjang perluasan mencapai lebih dari 500 kilometer. Jadi, makin banyak para rumah tangga menikmati pemanfaatan gas alam yang ramah lingkungan dan lebih hemat dibandingkan pengunaan gas tabung.

Hendi juga menjelaskan, dalam setahun terakhir perusahaan berlabel BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tersebut telah membangun pipa gas sepanjang 825 kilometer.

Pipa gas yang dibangun ada yang pipa transmisi open access dan pipa distribusi gas bumi. Pada akhir 2014 total panjang pipa gas bumi PGN mencapai 6.161 km.

“Hingga saat ini pipa PGN bertambah menjadi 6.986 km. Pipa gas bumi PGN ini merepresentasikan 76 persen pipa gas bumi nasional. Ini merupakan wujud komitmen PGN untuk memperluas pemanfaatan produksi gas bumi nasional,” sambungnya.

Belum lama ini, PGN juga menanam jaringan pipa gas alamnya ke tanah Papua. Sebanyak 3.898 rumah warga Sorong, Papua yang tersebar di lima kelurahan kini dapat memasak menggunakan gas alam.



Tulisan ini disumbangsihkan untuk situs Si Nergi

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment