In

Sinergi PGN dan PLN di Pembangkit Listrik Muara Tawar

Perusahaan Gas Negara atau PT PGN menyatakan pihaknya kembali bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negera untuk menyuplai kebutuhan listrik untuk pembangkit listrik PLN di Muara Tawar, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dalam perjanjian kali ini, ada poin yang dimatangkan kedua pihak, apa itu?

Menurut pengakuan Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusuf, pembahasan tersebut antara lain kelangsungan penyaluran gas ke pembangkit listrik Muara Tawar yang tidak hanya menyoal keberlanjutan pasokan gas saja. “Tapi juga termasuk hal-hal teknis seperti kebutuhan volume gas untuk menyesuaikan dengan pola kebutuhan pembangkit PLN yang secara tahunan kebutuhannya terus bertambah,” ujar Heri.

Sinergisitas PGN dan PLN sudah terjalin sejak 2008 silam dalam memasok kebutuhan gas ke pembangkit listrik Muara Tawar dan akan terus berlanjut sebagai dukungannya terhadap proyek listrik 35.000 Mw yang digagas Presiden Jokowi.

Heri menambahkan, pada awal April 2016 ini, PGN dan PLN menandatangani kesepakatan bersama penyaluran gas bumi ke pembangkit listrik Muara Tawar. Adanya Kesepakatan Bersama ini dikarenakan kontrak lama pengaliran gas bumi PGN ke pembangkit listrik Muara Tawar telah berakhir pada 31 Maret 2016.

Pembangkit listrik Muara Tawar diketahui sebagai unit pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) yang dikelola PT Pembangkitan Jawa-Bali di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pembangkit Listrik ini dulunya merupakan bagian dari Pembangkit Listrik Muara Karang, yang kemudian dipisah pada tanggal 1 April 2003. Pembangkit listrik ini mengoperasikan 2 PLTG dan 3 PLTGU dengan total kapasitas 920 MW. Energi listrik ini kemudian didistribusikan melalui Sistem Interkoneksi Jawa-Bali.

Tak hanya di pembangkit listrik Muara Tawar, PGN juga belum lama ini ikut mendukung program listrik 35.000 Mw dengan meregasifikasi gas alam cair atau LNG menjadi gas di atas terminal apung FSRU Lampung yang akan disuplai untuk kebutuhan gas untuk pembangkit listrik PLN.

Tulisan ini disumbangsihkan untuk situs Si Nergi


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment