In #EnergiBaik Hendi Prio Santoso Penghargaan ASEAN-OSHNET PGN Review

PGN Raih ASEAN-OSHNET dan Resiko Berat Bekerja di Sektor Migas (1)


Sering kita dengar perkataan “setiap pekerjaan memiliki resikonya sendiri”. Adagium lawas itu menunjukkan bahwa apapun pilihan yang kita buat dan kerjakan berpotensi mengalami kegagalan dan bertemu hambatan. Ya, dengan segala banyak motif orang bekerja, pekerjaan itu sendiri tentu menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk lebih profesional pada tanggung jawab kita.

Yang tak boleh luput dari pekerjaan, apalagi dalam korporasi besar adalah hak yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Salah satunya adalah hak keselamatan dan kesehatan kerja atau dikenal dengan K3.

Terkait hal ini, perusahaan yang baru saja diapresiasi keselamatan kerja para karyawannya adalah PT Perusahaan Gas Negara atau PGN. Perusahaan BUMN pimpinan Hendi Prio Santoso ini mendapat penghargaan ASEAN Occupational Safety and Health Network (ASEAN-OSHNET) di 1st ASEAN-OSHNET Awards Ceremony and 3rd ASEAN-OSHNET Conference, di Hotel Royal Lotus, Da Nang, Vietnam pada Rabu lalu (27/4).

Penghargaan ini diberikan karena dalam 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2013 hingga 2015 tidak pernah terjadi kecelakaan kerja (zero incident). "Dalam setiap kegiatan pekerjaan kami mengedepankan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sehingga tidak terjadi kecelakaan atau zero incident," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup, usai menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Deputy Minister of Labour, War Invalids and Social Affair (MoLISA) Vietnam, Doan Mau Diep.

Apresiasi lembaga internasional kepada PGN untuk ketiga kalinya ini patut diacungi jempol, sebab industri Migas menjadi salah satu sektor yang memiliki risiko tinggi, baik terhadap nasib pekerjanya di lapangan dan lingkungan sekitar eksplorasi. Dalam laman Ditjen Migas KESDM disebutkan keselamatan migas adalah ketentuan tentang standardisasi peralatan, sumber daya manusia, pedoman umum instalasi migas dan prosedur kerja agar instalasi migas dapat beroperasi dengan andal, aman dan akrab lingkungan agar dapat menciptakan kondisi aman dan sehat bagi pekerja (K3), aman bagi masyarakat umum (KU), aman bagi lingkungan (KL) serta aman dan andal bagi instalasi migas sendiri (KI).

Seperti apa sebenarnya risiko besar yang kerap kali dihadapi oleh para pekerja Migas di Indonesia? (Bersambung)

Tulisan ini disumbangsihkan untuk situs Si Nergi 

Sumber: http://migas.esdm.go.id/post/read/Mengenal-Keselamatan-Migas-Indonesia 
http://finance.detik.com/read/2016/04/28/135822/3198863/1034/pgn-raih-penghargaan-asean-oshnet-di-vietnam 
(Sumber foto: detikcom)

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment