In Deterjen Total Almeera Reportase

7 Alasan Kenapa #HALALituharusTOTAL dengan Deterjen Total Almeera


Hai semuanya, ada postingan baru lagi nih di blog! Kali ini, saya akan membahas tentang deterjen halal pertama di Indonesia yang memiliki ajakan untuk #HALALituharusTOTAL. Penasaran?

Beberapa hari lalu, saya dan teman-teman blogger diundang sebuah acara deterjen. Jujur saja, undangan blogger kali ini bikin saya mikir keras. Ketika baca infonya di Whatsapp tentang produk deterjen halal, dahi saya sedikit berkerut, bertanya-tanya: 

“Deterjen halal? Kayak gimana tuh bentuknya? Apa bedanya dengan deterjen yang lain? Biasanya kan label halal dipakainya di produk makanan saja!”

Rasa penasaran saya kemudian perlahan terjawab ketika datang ke acara peluncuran produk mereka, Deterjen Halal Total Almeera di Bebek Bengil, Jakarta Pusat (15/03). Setidaknya dari acara yang berlangsung selama 3 jam itu, saya menyimpulkan beberapa poin yang recommended untuk kamu yang sering nyuci. Apa saja? Ini dia 7 alasan kenapa #HALALituharusTOTAL dengan Deterjen Total Almeera!


1. Produk Deterjen Halal Pertama di Indonesia
Keliatan kan logo MUI-nya? Alhamdulillah.

Total menjadi deterjen berlabel halal pertama di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari logo MUI yang tertera di semua kemasan Total Almeera. Iya, Total Almeera adalah produk terbaru dari deterjen Total yang sudah lama ada di Indonesia. Di bawah PT Total Chemindo Loka, Total sebagai deterjen senior (sudah 10 tahun) mengeluarkan produk terbarunya dengan nama Total Almeera, yang diambil dari bahasa Arab, artinya putri raja atau wanita cantik.

Pas di acara gathering kemarin itu, kata Direksi PT Total Chemindo Loka, Pak FX Gunawan, keputusannya bersama tim untuk mengeluarkan produk deterjen berlabel halal karena didorong oleh kebutuhan masyarakat Indonesia. Iya, kamu tahu sendiri kan kalau di Indonesia itu jumlah muslimnya mayoritas, jadi pastinya penting dan peduli dengan kehalalan produk yang dipakai atau makanan yang dikonsumsi, termasuk saya!


2. Letak Halalnya di mana Sih? Ternyata di …
Kemasan cair dan bubuk.
Nah ini, pertanyaan yang saya ingin tanyakan kepada pihak pembuat deterjen Total Almeera, halalnya di mana, Pak Gunawan?

Dia kemudian menjelaskan bahwa kehalalan mereka pertama terdapat pada logo MUI yang tertera di semua kemasan Total Almeera. Sebelum mendapatkan label halal, mereka melakukan serangkain pengujian, sama seperti berbagai produk yang datang ke MUI.

Pak Gunawan mengatakan, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Total Almeera lolos uji seleksi dari MUI karena aman digunakan, lembut di tangan, dan yang pasti diproses dengan cara-cara yang merepresentasikan konsep halal: bersih, aman, dan tak menggunakan bahan berbahaya yang seperti merusakan pakaian dan kulit manusia, apalagi seperti yang dilarang dalam Islam seperti minyak babi.

Jadi, yang saya tangkap dari omongan Pak Gunawan adalah, barangkali produk deterjen lain pun diproduksi tak jauh berbeda dengan Total Almeera, hanya saja belum memiliki label halal. Sehingga menurut saya, apa yang dilakukan deterjen ini bagus sekali, seperti memberi kepastian hubungan, nggak di-php-in gitu. Kan, sudah halal.


3. Dengan Label Halal dari MUI, Ketenangan Ibadah pun Bisa Didapat
Khusyu via harianamanah.id
Memang sih urusan ibadah itu ranahnya vertikal, hanya antara kamu dan Allah. Begitupun kekushyuan kamu ketika membaca ayat-ayat ketika salat dan merapal doa-doa baik. Tapi, kehadiran deterjen Total Almeera yang berlabel halal ini menurut saya menjadi nilai plus. Ya, karena kehalalannya itu semakin menambah paket lengkap kamu ketika beribadah.

Sering kita denger juga tausiyah dari ustad, di mana pakaian atau tampilan ketika menghadap Allah itu harus yang paling sempurna. Sempurna di sini bukan mukena, sarung, sajadah, atau peci yang mahal lagi bermerek, tapi yang bersih, wangi, dan terhindar dari najis. 

Nah, sederhananya, ketika kamu mencuci mukena, sarung, sajadah, dan peci dengan deterjen yang sudah dijamin kehalalanya, kamu jadi lebih tenang bukan? Alhamdulillah.


4. Iklan yang Menampilkan Sisi Relijiusitas dan Kasih Sayang Ayah
DireksI PT Total Chemindo Loka, FX Gunawan (berdiri di urutan kelima, baris depan) beserta tim produksi Total Almeera, produksi iklan, dan Aa Hadi beserta istrinya, Ceuceu Kirani via radarnasional.com
Iklan adalah media yang ampun untuk mempengaruhi yang menyaksikan. Entah itu ajakan atau persetujuan. Itu juga yang coba ditampilkan oleh Total Almeera dalam menyampaikan pesan halal dengan mengedepankan sisi relijiusitas dan kasih sayang ayah pada anaknya.

Maksudnya gimana, Ems?

Sebagai negera yang mayoritas beragama Islam, relijiutas itu penting di Indonesia, salah satunya ya ketika beribadah. Nah, sisi relijiutas itu kemudian ditampilkan perusahaan ke khalayak dalam sebuah iklan yang kreatif lagi positif berdurasi 2 menit. Nih kamu bisa lihat di sini ya!


Kalau diperhatikan, konsep yang mereka usung di iklan itu tentang ibadah. Di detik pertama video ditampilkan perempuan sedang salat dengan narasi, “ternyata selama ini ibadahku belum sempurna” yang merepresntasikan bahwa banyak aspek yang melatarbelakangi ibadah kita harus sempurna, ya salah satunya dengan #HALALituharusTOTAL.

Hubungannya dengan sang ayah, yang saya tangkap adalah, sosok ayah kerap dinomorduakan karena selama ini (kebanyakan atau studi kasus pada saya sendiri) lebih dekat dengan ibu. Tapi, dalam iklan di atas, sosok ayah justru ditonjolkan, bahwa selama ini perannya sangat besar dan berpengaruh pada kita sebagai anak. Nah, itu pula imej yang ingin ditampilkan Total Almeera.

Dengan menempelkan label halal pada produknya, menurut saya PT Total Chemindo Loka tengah mengajak masyarakat Indonesia bahwa seharusnya semua barang yang memang dipakai di Indonesia harus memiliki label halal: sesuatu yang penting yang kerap dilupakan karena umumnya hanya terdapat di makanan atau minuman saja.


5. Halal untuk Konsumen Harus Dimulai dari Halal dalam Etos Kerja Karyawan Total
Tiga handuk di rumah sudah merasakan Total Almeera.
Apa lagi sih nomor lima? Saya nggak mudeng, Ems!

Begitu kira-kira ketika saya menulis judul poin kelima ini. Tapi kemudian saya ingat penuturan Pak Gunawan di acara gathering itu bahwa sejak timnya menggarap deterjen halal ini, banyak hal-hal positif yang terjadi pada pabrik mereka.

“Karena kita menggarap produk halal, otomatis etos kerja yang dibangun di lingkungan pabrik pun harus baik dalam artian etika antar karyawan sopan, pabrik juga bersih, dan sebagainya” begitu kira-kira katanya.

Jadi, kurang lebih, Pak FX Gunawan ingin menyampaikan bahwa produk halal yang mereka buat juga energi positif dn relijinya harus terpancar dari keseharian di pabrik. Bahasa mudahnya: masa kamu mau ngeluarin produk halal, tapi etos kerjanya serampangan? Ya, harus merepresentasikan the power of halal itu dong!


6. Selain Halal, Teksturnya pun Lembut, Bersih, dan Wanginya Fresh Sekali!
Andai pembaca bisa merasakan memegang deterjen bubuknya! Ya tapi tinggal beli saja, kan sekarang sudah ada di pasaran.
Lembut, wangi, dan mudah membersihkan pakaian yang biasa saya gunakan itu memang benar! Umi saya di rumah sudah menggunakannya, dan kata beliau, cukup ampuh menghilangkan noda di baju. 

Ketika saya coba mencium aroma pada deterjen, wanginya itu bikin seger, tidak menyengat seperti bau parfum.

Yang bikin lembut di tangan itu karena bahan utamanya surfaktan. Jadi nggak bikin tangan panas saat kamu gunanakan ketika cuci baju. I was tried and it’s works!


7. Terdapat Berbagai Ukuran dengan Harga yang Ekonomis Pula!
Ini dia rangkaian produknya via indrifairy.com 
Buat kamu anak kosan atau ibu-ibu yang nggak bisa lepas dari deterjen, kemasan Total Almeera ini terdapat dalam berbagai ukuran dan harga yang bersaing.
  • Deterjen cair 800 ml harga sekitar Rp 18.500
  • Deterjen bubuk 900 gr harga sekitar Rp 17.000
  • Deterjen bubuk 500 gr harga sekitar Rp 9.000
  • Deterjen bubuk renceng 40 gr harga sekitar Rp 1.000
  • Deterjen bubuk kecil harga sekitar Rp 500
Kamu bisa dapetin produk ini di Carrefour, Lulu, AOEN, TipTop, dan minimarket (untuk minimarket masih seputar Jakarta).


BLUR! Ini tangan bibi saya di rumah. Dia juga udah nyobain Total Almeera. Katanya wanginya nyegerin banget!

Itu dia ulasanya dari saya tentang 7 alasan kenapa #HALALituharusTOTAL dengan menggunakan deterjen halal Total Almeera. Kamu bisa setuju atau tidak dengan ulasan saya, tapi saya hanya berpikir bahwa dengan adanya produk baru berlabel halal ini semakin menambah khanazah produk-produk halal yang ada di sekitar kita yang selama ini masih di ranah makanan dan minuman. Jadi, adanya deterjen halal ini, bisa jadi solusi alternatif bagi kamu yang ingin tampil sempurna dan khusyu dalam ibadahmu, karena #HALALituharusTOTAL.


Dan ini saya bersama teman-teman blogger dan Pak Fx Gunawan di antara kita. Coba tebak saya yang mana? XD

Ini bloggers kece yang juga ikut di acara Total Almeera. Mereka mah udah pada senior jadi blogger, dibanding saya yang masih anak bawang!
Selamat mencoba ya! Buat yang sudah coba pakai deterjen ini, bisa share pengalamannya di kolom komentar ya!

----Deterjen aja udah halal, jadi kapan mas halalin saya? Uhuk!-----

Untuk yang masih penasaran tentang produk ini bisa mampir ke:
Website: http://www.totalchemindo.com/
Twitter @TotalAlmeera
Instagram @TotalAlmeera
Fanpage Total Almeera

Terima kasih! 

Related Articles

19 komentar:

  1. Totalitas banget, ya, memang untuk soal ibadah. Pakai produk halal salah satu langkahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fah, makin jadi banyak pilihan buat kita tentang produk halal. sambut positif aja sih heheh

      Delete
  2. Patut dicobain produk halal..
    Semangat terus postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain jir. Di Aceh udah ada belum deterjen total almeera nih?m

      Delete
  3. Udah nyari ke beberapa swalayan dan baru nemu si Total Almeera di Carrefour :)
    mungkin di tempat lain akan menyusul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belanja di carrefournya pake voucher ya itu kak vira! asyikkk banget

      Delete
  4. Sehingga menurut saya, apa yang dilakukan deterjen ini bagus sekali, seperti memberi kepastian hubungan, nggak di-php-in gitu. Kan, sudah halal.

    Paragraf yang menarik perhatian banget *part 1*


    ----Deterjen aja udah halal, jadi kapan mas halalin saya? Uhuk!-----

    Kalimat yg eye catching banget *part2*


    Jadi intinya gue salahfokus wkwkkwkwk. Semoga cepet dihalalin yah ems:)))


    dan semoga kita bisa #Halalituharustotal yaw , minimal buat mukenah di rumah pake total Almeera :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, halal ini kode banget fah. bikin baper wkwkw.

      sekarang kan mau puasa, jadi mukena cadangan di lemari pada diturunin, pas banget kalo dicucinya pake ini deterjen. biar afdol hehehe

      Delete
  5. emaaaaaaaa, perdana komen di sini nih kyaknya, padahal sudah sering baca, hehe. saya suka banget sama tulisannya, lengkap dan jelas. habis baca ini jadi mau cuci baju bawaannya ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnyaaa uni mampir juga di blog aku hahaha. Makasih un. Jadi punya alternatif ya buat milih deterjen.

      Delete
  6. Makasih info nya sis, sy kira apa yg membedakan dg deterjen lain, ternyata bahan dan label musik nya toh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. makin meramaikan dunia perdeterjenan ya. jadi kita bisa punya banyak pilihan :))

      Delete
  7. Makasih info nya sis, sy kira apa yg membedakan dg deterjen lain, ternyata bahan dan label musik nya toh..

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Siapp, makasih sudah mampir dan baca tulisan ini @ahmadseerou

      Delete
  9. Produk halal nyaman dipakai dan tanpa ragu memakai nya.

    ReplyDelete
  10. hal yg perlu bapak-yang suka bantu nyuci kude ngerti :D

    ReplyDelete